CUMA ISENG

CUMA ISENG
Aku enggak mungkin bisa menyamai 'IDOLAKU' Sang Maestro Saxophone

TAMPIL BARENG ASYIK,......

TAMPIL BARENG ASYIK,......
Bertemu, Ngesaxophone, menyanyi, membuat hidup semakin hidup,.... heee,,heee,,heeeeee

KOMUNITAS SAXOPHONE theSURVEYORS on YOUTUBE

Loading...

KOMUNITAS SAXOPHONE ON BILBOARD

KOMUNITAS SAXOPHONE ON BILBOARD
,,,, WE LOVE SAXOPHONE ........ THE WAY THEY LOOK AND THE WAY THEY SOUND ,,,,

ONE MOMENT IN TIME on PAJERO SPORT

ONE MOMENT IN TIME on PAJERO SPORT
Numpang Promosi,,, he,,he,,heee

SAXOPHONE AGAWE RUKUN

SAXOPHONE  AGAWE  RUKUN
Pikiran boleh beda, Rambut boleh beda, Selera Berbusana Boleh Beda, Tempat kita berkarya boleh Beda,,,,,,,,,, Kalau Sudah Nyaksophone Kompak Bersatu,,,,,,,, Pancen Saxophone Agawe Rukun,,,, he,, he,,, heeeee

'NGE-JAS,...... Bareng

'NGE-JAS,...... Bareng
Tampil formil dengan Jas, sedikit hati-hati, maunya sih jangan ada yang 'keliru' dalam mengendalikan 'jari-jari' diatas KEYPAD,.... heee,,heee,,heeeee

THE MAN behind THE GUN

THE MAN behind THE GUN
AWAS KALAU YANG SAYA GENDONG INI JANGAN COBA-COBA DI "EMOET" ,,,LHOOOOO,,,,,,

THE MAN BEHIND THE SAXOPHONE

THE MAN BEHIND THE SAXOPHONE
Manggung Bareng perlu, untuk melatih harmony dan mengasah ketajaman feeling, apalagi Lagu 'Let It Be Me' sangat enak dibawakan dengan suara 1 dan 2, disini benar-benar kualitas harmony diuji,,,,,,,wis Jan niup Saxophone pancen asyiiiik.

Saxophone...Bisa.!!

Saxophone...Bisa.!!
Dulu... kami bermimpi bisa 'Ngemot' dan 'Nyebul' Saxophone. Sekarang kami bisa meski sebatas Hobi. 'Ngemot' en 'Nyebul' Saxophone tidak memerlukan Musical Talent seseorang tapi lebih pada kemauan keras untuk bisa. Yuk Ikutan...

Friday Night Saxophone Exercise, Pondok Kopi Cafe

Friday Night Saxophone Exercise, Pondok Kopi Cafe


Berlatih sambil menghibur...............itulah kata yang paling pas.....ketika sebuah kegemaran atau Hobi, tersalurkan dilingkungan tempat kami tinggal ....... Pokoknya seru....dengan Expresinya masing-masing unjuk kebolehan 'Ngemot' dan 'Nyebul' Saxophone.

Senin, 11 Mei 2009

TIPS: KALAU MAU MEMBELI SAXOPHONE


Hi guys, .......
saya main sax dari thn 1999 dan sejak itu sempat menjadi kolektor sax antik (vintage Saxes). Sampai saat ini saya mempunyai 7 alat tapi hanya 5 yang saya sering mainkan sisanya hanya dipajang.
Sejauh ini saya sudah berpengalaman berjual beli vintage saxes (kurang lebih 4 tahun terakhir). Juga saat ini saya sedang belajar menservis sendiri saxes saya. Jadi ini saya mau sharing tips buat kamu kamu yang kepengen beli saxophone.
Karena alat musik ini dibanding alat musik lain memang relative lebih mahal jadi sudah pantasnya lah kita ber hati hati dalam memilih jangan sampai investasi yang telah dengan susah payah kita bayar nantinya akan menjadi kerugian, kalau sudah begini pasti kesel, kalau sudah kesel...ga mau main lagi...Mudah2 an pengalaman saya ini bisa dijadikan patokan bagi anda yang mau beli saxophone.
Apabila ada pertanyaan saya bersedia untuk menjawab, tapi tolong apabila ada pertanyaan mohon di liat dulu baik2 apa sudah tercover di posting ini jadi posting ini bisa di jaga se padat mungkin atau apabila kurang jelas bisa email langsung ke saya.
Pertama:
yang paling penting yang harus ditanya adalah: Apa sih motivasi kamu belajar saxophone atau mau maen sax?,....Coba coba?,.... Apa dengerin lagu tapi kok ya enak ya didenger,... orang tua yang suruh, ....sekolah ada ex kul, ....atau apa sih?
Kedua:
yang paling penting, yang saya rasa harus ditanya dalam pribadi kamu masing2 adalah:
Berapa budget yang tersedia? Apa itu dalam bentuk cash atau dalam bentuk cash atau pinjaman berupa kredit card? Apa orang tua yang beliin (ini pun harus tau berapa budget orang tua lo)
Ketiga:
Apa anda tau tipe saxophone apa yang mau anda beli?
Ada 3 macam tipe sax yang umum, yaitu: alto, tenor dan soprano sebenarnya ada lagi yang lain seperti baritone, sopranino, contra bass, bass etc...
Sebelum kita membahas merek2 sax atau mana yang cocok atau buatan negara mana yang paling baik, perlu kita jawab 3 pertanyaan tsb diatas.
Pertanyaan
Apa sih motivasi nya?
Ok, setiap pekerjaan kalau mau berhasil, kita harus enjoy melakukannya...betul? Begitu juga dengan sax, piano, gitar, etc. Dulu saya belajar piano disuruh orang tua dan ga suka sebenarnya tapi harus...lama lama ya bisa juga tapi ga maximal, tapi saya suka alat musik jadi larinya ke saxophone.No matter what your motivation is...ini bukan berarti you should or should not try to learn saxophone. Tapi yang penting adalah apapun motivasinya, hal itu perlu di jadikan pedoman dalam hati setiap kali berlatih. Tapi memang kalau motivasinya adalah dari orang tua...saya pikir anda harus benar2 menyelidiki apa benar anda akan enjoy belajar sax? Kalau memang pada akhirnya anda berpikir kalo its not worth the effort, mending jangan...
Berapa sih budget yang tersedia?
Sax is not cheap guys...mungkin salah satu instrument musik yang mahal harganya...jadi ini perlu dipikirkan matang2 supaya dikemudian hari tidak menyesal, karena kalaupun mau dijual ga segampang membelinya. Harga saxophone berkisar dari US$400-US12000, yup sampai segitu mahalnya!
Apa anda tau tipe sax yang anda mau beli atau pelajari? Pertanyaan ini jawabannya susah terus terang. Dan menimbulkan banyak perdebatan dan pandangan. Kalau menurut hemat saya, belajar tipe yang memang anda rasa cocok dan comfortable buat anda untuk di gendong. Biasanya pemula memilih hal ini berdasar dengan bunyi nya...karena si x nge fans Kenny G lalu dia biasanya mau belajar soprano karena supaya bisa main kaya Kenny G. Ini salah.
Advise saya:
1. Jangan milih saxophone berdasar dengan artis kesayangan anda...dia bisa bersuara begitu karena sudah puluhan taun berlatih. Banyak pemula yang bilang...saya beli soprano dan mouthpiece yang sama dengan artis x tapi kok suara saya beda ya...atau...guru saya waktu pake sax saya kok suaranya bisa beda dan lebih bagus dari saya yang main ya...
2. Jangan milih sax berdasarkan dengan merek (untuk pemula). Advise saya, coba barang yang anda mau beli jangan kemakan rayuan pedagang. Coba dulu, pastikan anda comfortable. Memang sulit untuk pemula karena ga tau musti liat apanya. Saran saya: pergi dengan guru anda atau pergi dengan teman anda yang sudah lebih pengalaman. Kalau ga ada guru dan teman...ini susah memang susah dan disini kita harus bergantung dengan popularitas suatu merek. Biasanya merek yang populer have a good chance that you will like it. Merek2 yang populer adalah Yamaha, Yanagisawa, selmer, keilwerth dan jupiter, mungkin di Indonesia, yamaha, selmer dan jupiter yang paling banyak. Jadi bisa dicoba coba antara merek 1 dan yang lain dan anda nilai sendiri mana yang paling cocok.
3. Jangan memilih professional model meski anda punya dana lebih. Student model sax di design untuk pemula supaya pemula bisa belajar dengan mudah mechanism dan tehnik saxophone. Professional model itu akan jauh lebih mahal dan banyak fitur2 yang anda mungkin sebagai pemula ga ngerti...so dari pada buang2 duit...mending ambil yang student model dulu. Bukan berarti student model itu jelek suaranya dan kualitas nya lho...
4. Jangan beli karena temen said so...saxophone is a very personal musical instrument...jarang orang yang mau sharing sax karena banyak alasan seperti alasan kesehatan dll... Saya tidak mengijinkan orang yang tidak dikenal untuk meniup saxes saya kecuali saya mau jual dan orang itu mau test...Jadi kesimpulannya...saxophone adalah musical intrument yang sangat personal sifatnya...jadi anda yang harus menentukan sax apa yang anda mau beli...coba sebelum beli dan pastikan anda akan menyukainya.
Vintage vs Modern Saxes
Vintage saxes (sax tua atau antik atau kuno)Vintage saxes menurut saya adalah saxes yang dibuat sebelum taun 79 kenapa thn 79 kok ga taun 80, karena thn 80 sax memasuki era modern dengan terciptanya yamaha 61 series dan yanagisawa T880 series di Jepang, di eropa yatiu super action 80 (perhatikan 80 nya) dari selmer...ini menurut saya...mungkin orang lain berbeda pendapat karena memang banyak aspect2 yang dinilai...but anyway we re not gonna be stuck in this vintage definition arent we?Menurut saya, vintage sax berkualitas lebih bagus dari modern sax. Selmer mencoba menciptakan mark 6 modern dengan reference 54 nya dan mencoba menciptakan super balance action dengan reference 36 nya...tapi tetap saja banyak yang berpendapat reference series ARE NOT mark 6. Saya pun berpendapat demikian setelah mencoba. Tetap saja mark 6 lebih unggul di suara.Ada berbagai merek vintage saxes tapi yang paling penting adalah...beberapa dari merek2 tersebut adalah STENCIL an dari pemegang merek utama. Contohnya. CG conn. Ltd adalah perusahaan yang mempunyai produk vintage saxes seperti 10M, 6M, 30M, new wonder 1 dan 2, etc tapi conn juga memproduksi saxophone tanpa merek yang nantinya akan di jual ke perusahaan lain. Dan biasanya perusahaan tsb men stamp sax buatan conn tsb dengan merek nya. Misalnya beaufort adalah conn stencil. Untuk jelasnya mengenai hal ini bisa riset di Internet atau ke http://www.saxpics.com/. Biasanya stencilan ini berkualitas sedikit lebih renda dan karena mereknya bukan conn misalnya, (meski yang buat conn) harganya jadi murah. Tapi jangan salah meski berkualitas lebh rendah, kualitas suara tetap bisa dianggap bagus dan biasanya ini kesempatan bagi consumer untuk memperoleh kualitas professional saxophone dengan harga murah.Salah satu kerugian vintage saxes adalah jaman dahulu, standardisasi produk belom begitu baik juga quality controlnya. Kebanyakan masih hand made jadi meski namanya selmer mark 6 tapi blom tentu sebaik selmer mark 6 yang lain. Ini juga tergantung pemakaian si empunya yang pertama atau yang punya sebelum anda. Kerugian yang lain adalah kebanyakan vintage sax tidak se ergonomic modern sax. Selmer mark 6 adalah salah satu yang paling ergonomis...dan kayanya cuma dia deh yang paling enak di pegang. Kerugian yang terakhir yang saya rasa amat penting untuk dilihat adalah sangat susah untuk membedakan sax yang anda mau beli itu original atau bekas kelindes mobil dan di perbaiki...sax yang sudah ancur ancuran diperbaiki sebaik mungkin tidak akan sama dengan original... banyak hal yang harus di liat...bekas solder, penyok, keaslian lacquer atau finish, keaslian neck...etc...Keuntungan vintage saxes menurut saya adalah kualitas suara yang tidak bisa di produksi lagi di jaman modern ini, kalau anda senang musik jazz, pemain2 jazz kenamaan biasanya memakai vintage sax karena ingin suaranya mirip dengan pemain2 jazz terkenal jaman dulu seperti john coltrane(mark 6), stan getz(mark 6), dexter gordon(Conn 10 M naked lady), herby hancook(king super 20), paul desmond(mark 6) etc. Juga bukan hanya itu karena kualitas suara vintage sax seperti selmer mark 6 tidak ada duanya dan lebih cocok untuk ditelinga. Kenny G pun memakai selmer mark 6 soprano, Dave Koz memakai vintage conn curved soprano dengan vintage couf mouthpiece, eric marienthal memakai mark 6 alto dan juga spyrogyra jay beckenstein memakai mark 6 alto. Keuntungan kedua adalah investasi yang tidak akan turun nilainya mungkin akan naik. Mark 6 taun 90 dijual di US dengan harga paling US2000, sekarang 6 digits serial number mark 6 bisa bernilai US12000 tergantung kualitas.Untuk merek2 nya saya ga mau bahas lebih lanjut, anda bisa ke http://www.saxpics.com/ atau http://www.saxophone.org/ untuk melihat lebih jauh tentang merek2 tersebut.
Modern Saxes kayanya ga banyak yang bisa di bahas karena di era internet ini, modern sax bisa di lihat di website perusahaan masing2. Dan disana sudah ada fitur2 nya. Tapi yang jelas modern saxes bukan berarti kalah dengan vintage dan bukan berarti suaranya tidak bagus...selmer reference 54 meski bukan mark 6 dan selmer berusaha menciptakan lagi kejayaan mark 6, tetep saja ONE HELL GOOD SAXOPHONE...suaranya manis bagus dan enak deh pokoknya. Keuntungan yang utama yang saya rasa adalah dari segi ergonomis dan biasanya lebih ringan dari vintge saxes beratnya. (student model)
Jaman ini sudah banyak beredar sax buatan china dan taiwan yang harganya jauh lebih murah dari buatan eropa atau amerika. Banyak yang sceptic mengenai sax buatan china, saya pun dulu begitu tapi setelah saya tau Jupiter buatan china/taiwan, saya berubah pendapat. Merek antigua misalnya...buatan taiwan tapi kualitasnya bagus sekali dengan harga yang sangat kompetitif. Saran saya untuk pemula yang mau beli modern saxes, saya rekomen merek yamaha, yupiter dan antigua..,saya dengar di Indonesia ada merek lain seperti lincoln etc...saya kurang paham terus terang...jadi ga bisa komen... Yamaha dan Jupiter ini sudah ditanggung bagus dan berkualitas tinggi.Continue...Next: Keunggulan dan kerugian alto tenor dan soprano untuk pemula dan apa sih overhaul itu?
My axes: Tenor conn 10 M, 271xxx silverplateTenor conn CHU transitional 251xxxTenor SML gold medal silverplate 16xxxAlto:Selmer mark 6 lacquer, 195xxx (sold)Soprano:Conn Curved soprano new wonder 2, 219xxxBuescher curved soprano 58xxx

28 komentar:

Forum Investor mengatakan...

harganya mahal juga ya, mungkin karena hal inilah maka pemain saxophone di Indonesia relatif sedikit.

Anton Ciggy mengatakan...

IMHO, kualitas suara saxophone tidak ditentukan oleh vintage ataupun moderennya saxophone tersebut, tetapi 90% oleh player, 5% oleh Mouthpiece & Reed, dan baru kemudian 5% sisanya oleh saxophone yang berkondisi prima (klepnya rapat alias tidak bocor dsb). Sungguh, bukan karena saxophonenya! (Saya telah mencoba & menguji lebih dari 1000 saxophone vintage maupun moderen).

Anton & Tina Sax mengatakan...

Mas Andre, ini ada beberapa komentar menyangkut artikel di atas. Dari adanya komentar ini saya hanya ingin menyampaikan supaya lebih hati2 dalam mengangkat sebuah artikel. Tidak bisa asal comot dan pasang begitu saja, namun mesti diteliti dan harus bisa juga dipertanggung jawabkan. Gitu deh…

Komentar2:
Kerugian yang lain adalah kebanyakan vintage sax tidak se ergonomic modern sax. Selmer mark 6 adalah salah satu yang paling ergonomis...dan kayanya cuma dia deh yang paling enak di pegang.
(Apa bener Selmer mark 6 yang paling ergonomic, paling enak dipegang? Bagaimana dengan Selmer type yang lain, seperti Balance Action, Super Action dsb. Apakah mereka kurang enak? Dan apakah Anda pernah nyoba sax vintage merek lain, seperti SML, Buffet, Keilwerth, dll.? )

Salah satu kerugian vintage saxes adalah jaman dahulu, standardisasi produk belom begitu baik juga quality controlnya.
(Apa bener quality controlnya belum begitu baik? Bagaimana dengan Selmer Mark 6 yang Anda bilang paling enak itu? Dia juga produk vintage lho, apakah juga belum standard…)

Kebanyakan masih hand made jadi meski namanya selmer mark 6 tapi blom tentu sebaik selmer mark 6 yang lain.
(Apakah ini maksudnya mau ngomong bahwa tidak semua selmer mark 6 itu baik? Kalau begitu, berapa persen yang baik dan berapa yang tidak baik dari merek selmer mark 6 itu?)

Keuntungan vintage saxes menurut saya adalah kualitas suara yang tidak bisa di produksi lagi di jaman modern ini. (Apa bener begitu? Kualitas suara yang bagus itu yang gimana sih? Dan apa yang membuat suara sax itu berkualitas bagus. Apakah modelnya, apakah materialnya atau apanya dong? )

Keuntungan yang utama (dari sax moderen ) yang saya rasa adalah dari segi ergonomis dan biasanya lebih ringan dari vintage saxes beratnya. (Apa bener demikian? Sudah perah nimbang?)

Jaman ini sudah banyak beredar sax buatan china dan taiwan yang harganya jauh lebih murah dari buatan eropa atau amerika. Banyak yang sceptic mengenai sax buatan china, saya pun dulu begitu tapi setelah saya tau Jupiter buatan china/taiwan, saya berubah pendapat. ( Yang bener Jupiter itu buatan mana, china ataukah Taiwan. Itu dua Negara yang berbeda lho…)


Merek antigua misalnya...buatan taiwan tapi kualitasnya bagus sekali dengan harga yang sangat kompetitif. Saran saya untuk pemula yang mau beli modern saxes, saya rekomen merek yamaha, yupiter dan antigua.., (Apa sih bedanya saxophone yang mahal seperti Yamaha dengan saxophone murah buatan Taiwan seperti merek Antique, atau Maxtone dsb. itu? Apakah karena lebih mahal lalu dia lebih istimewa? Kagak begitu khan…)

Salam, Anton Saxon

nugroho mengatakan...

saya pemula dari semarang yg sedang belajar saxophone, datang ke Jakarta beli altosax merk maxtone di mas anton/mbak tina yang murah bergaransi lagi! enak dipakai dan enak suaranya.

s@mmy mengatakan...

waduh comentnya bkin saya binggung...jadi yg mana yg bener2 bener..???
saya baru ingin jadi pemula,yg baru ingin beli saxo...yg enak/pas to saya jadinya yg mana dongs..???

Beta Ismawan mengatakan...

terima kasih banyak oom oom posting article nya. sangat membantu saya yang terinspirasi untuk belajar saxophone setelah melihat penampilan Barry Likumahuwa Project di Java Jazz kemarin :)

Sonatha mengatakan...

hmmm...
terimakasih banyak ya karena uda mao post ini...
saya mao tau untuk pemula dan awam milih alto tenor ato sopran ya???

timeplex mengatakan...

saya mau minta SARAN om-om, tante, mas2, dan mbak2.. Saya baru saja beli Saxo Alto merk Cadet III dan MP'nya itu Richo Royal B5. Saya merasa kesulitan menggunakan MP tersebut. Mohon Sarannya untuk memilih MP yang tepat untuk pemula seperti saya.. Thank's

Livi mengatakan...

i baru mau mulai main sax , im 12 and ada saran g untuk jenis sax apa yg bisa di gunakan ?

ridsu purdiyama mengatakan...

saya ingin pandai bermain saxophone.
dan kalau bisa saya mau mahir mainin saxophone nya.
tapi saya belum punya saxophone nya.
wkwkkwkkwk..

ridsu purdiyama mengatakan...

saya ingin sekali bisa memainkan saxophone.
dan kalau bisa saya mau mahir di bidang saxophone.. tapi sayang,, saya belom punya saxophone nya..wkkwwkkwk.

M. Efry Muhar mengatakan...

kalou saxophone sekarang banyak buatan china atau thailand bagus ga ya??? bagaimana kualitas suaranya apakah sudah standard sama saja dgn buatan yamaha atau yg lainnya??

M. Efry Muhar mengatakan...

sy penggemar saxophone apalagi klo yang maennya eric marienthal kerennn bangeutt bro

Natanael mengatakan...

Jadi gimana nih? Saya jadi bingung soal sax...bagusny untuk pemula beli yg merk apa tp lebih murah?

B46UST mengatakan...

AHA... Bu Tina dan maestro saya Mas Anton Ada disini ! Saya belajar dr beliau 4 th yg lalu setelah saya nekad beli Sax di China meskipun belum bisa sama sekali. Saat ini saya memiliki 4 Sax dan kesimpulannya... Mau Shelmer atau buatan China, kalau Sax nya ga bocor... yg penting BIBIRNYA..
Sax sama..yg niup Mas Anton dan saya .. Kwalitasnya bisa beda loh..
Jadi upgrade dulu BIBIRNYA sebelum pilih pilih merk atau Vintage atau Modern.
Di Shanghai ada sebuah jalan yg berjualan puluhan merk Sax..bahkan Sax terbaik yg secara resmi disumbangkan dan dimainkan ex president USA Bill Clinton.

Prazt Nitezrider mengatakan...

Saya setuju kalau kualitas permainan sax ditentukan oleh siapa yang memainkannya. awalnya saya pemain drum, lama2 bosan trus saya bermain sax digital Yamaha WX5, jadi saya gak masuk kriteria vintage maupun modern, tapi neo modern kali ya...?
Saat saya mainkan, saya rekam, maka kualitas ditentukan dari apakah kita menguasai lagunya, menguasai teknik memainkan lagu, baru teknik memainkan alat.
Jadi apapun merknya, mau vintage, modern, maupun digital, kalau yg mainkan gak pinter ya hasilnya gak akan bagus.
Belum tentu lagu jazz pasti lbh bagus drpd dangdut, sekali lagi tergantung siapa yang memainkannya. terima kasih.

Problem loading page mengatakan...

Terimakasih informasinya, suatu saat kalo udah punya penghasilan sendiri harus beli dan harus bisa main. Jangan keburu tua dulu ya mas mas nya, hehee :)

aditya rachman mengatakan...

Artikel yg menarik mas. Kebetulan akhir2 ini saya tertarik utk belajar sax, kira2 dimana ya tempat rekomendasi utk belajar buat pemula? Ikutan kursus kah atau ikuy komunitas kah?

sebloh mengatakan...

Saya ini minat sekali belajar saxophone, tapi gigi depan atas sya habis/ ompong, apakah ada harapan untuk main saxophone ya ?

Achmad Puariesthaufani Nugroho mengatakan...

Pak kira-kira saxophone buat pemula bagusnya apa ya? soprano atau alto?

Madun Marley mengatakan...

Harga saxophone itu brp sih? Saya ga ngerti dolar2 lah!! Kalo rupiah saya ngerti

nigel tuegeh mengatakan...

Mas, bener gak sax itu semakin 'old' makin bagus suaranya??

Gobe Phyxton mengatakan...

Saya ada saxofon dan mau saya jual 2juta dan kalau ada yang minat telpn aja ya
no hp:085750853739

Imma Piggie mengatakan...

oom, jadi lebih bagus beli saxophone yang seperti apa dan bagaimana kiat-kiat dalam memilihnya?

lalu di Indonesia ada gak sih komunitas khusus yang isinya pemain saksofon dan yang ngajarin "gratis"?

The "MASTER" mengatakan...

Gan,ane jatuh cinta ama saxophone & mo blajar,minta saran dong sax yg bagus/cocok utk pemula & harganya terjangkau(klo bsa dibawah jutaan),thx

sendy seesha mengatakan...

gan kami mau jual saxophone alto merk antonio kalau mau nego lewat line yah saya domisili di tasikmalaya jln.cihideunggede gg. ciputra nmr.6a rt/rw 004/004
ID line : sendyseesha

makasih

Harris Mawardi mengatakan...

Om saya punya saxophone alto merk HOLTON buatan USA di buat tahun 1904 . Jika minat hub saya 085624057998 .
Atau ke alamat rumah saya kp lembang 04/01 ds kiangroke kec Banjaran Kab Bandung

Leonard Al Fatih mengatakan...

Curhat bro ?? Hahahahahaaa