CUMA ISENG

CUMA ISENG
Aku enggak mungkin bisa menyamai 'IDOLAKU' Sang Maestro Saxophone

TAMPIL BARENG ASYIK,......

TAMPIL BARENG ASYIK,......
Bertemu, Ngesaxophone, menyanyi, membuat hidup semakin hidup,.... heee,,heee,,heeeeee

KOMUNITAS SAXOPHONE ON BILBOARD

KOMUNITAS SAXOPHONE ON BILBOARD
,,,, WE LOVE SAXOPHONE ........ THE WAY THEY LOOK AND THE WAY THEY SOUND ,,,,

ONE MOMENT IN TIME on PAJERO SPORT

ONE MOMENT IN TIME on PAJERO SPORT
Numpang Promosi,,, he,,he,,heee

SAXOPHONE AGAWE RUKUN

SAXOPHONE  AGAWE  RUKUN
Pikiran boleh beda, Rambut boleh beda, Selera Berbusana Boleh Beda, Tempat kita berkarya boleh Beda,,,,,,,,,, Kalau Sudah Nyaksophone Kompak Bersatu,,,,,,,, Pancen Saxophone Agawe Rukun,,,, he,, he,,, heeeee

'NGE-JAS,...... Bareng

'NGE-JAS,...... Bareng
Tampil formil dengan Jas, sedikit hati-hati, maunya sih jangan ada yang 'keliru' dalam mengendalikan 'jari-jari' diatas KEYPAD,.... heee,,heee,,heeeee

THE MAN behind THE GUN

THE MAN behind THE GUN
AWAS KALAU YANG SAYA GENDONG INI JANGAN COBA-COBA DI "EMOET" ,,,LHOOOOO,,,,,,

THE MAN BEHIND THE SAXOPHONE

THE MAN BEHIND THE SAXOPHONE
Manggung Bareng perlu, untuk melatih harmony dan mengasah ketajaman feeling, apalagi Lagu 'Let It Be Me' sangat enak dibawakan dengan suara 1 dan 2, disini benar-benar kualitas harmony diuji,,,,,,,wis Jan niup Saxophone pancen asyiiiik.

Saxophone...Bisa.!!

Saxophone...Bisa.!!
Dulu... kami bermimpi bisa 'Ngemot' dan 'Nyebul' Saxophone. Sekarang kami bisa meski sebatas Hobi. 'Ngemot' en 'Nyebul' Saxophone tidak memerlukan Musical Talent seseorang tapi lebih pada kemauan keras untuk bisa. Yuk Ikutan...

Friday Night Saxophone Exercise, Pondok Kopi Cafe

Friday Night Saxophone Exercise, Pondok Kopi Cafe


Berlatih sambil menghibur...............itulah kata yang paling pas.....ketika sebuah kegemaran atau Hobi, tersalurkan dilingkungan tempat kami tinggal ....... Pokoknya seru....dengan Expresinya masing-masing unjuk kebolehan 'Ngemot' dan 'Nyebul' Saxophone.

Senin, 11 Mei 2009

TIPS: KALAU MAU MEMBELI SAXOPHONE


Hi guys, .......
saya main sax dari thn 1999 dan sejak itu sempat menjadi kolektor sax antik (vintage Saxes). Sampai saat ini saya mempunyai 7 alat tapi hanya 5 yang saya sering mainkan sisanya hanya dipajang.
Sejauh ini saya sudah berpengalaman berjual beli vintage saxes (kurang lebih 4 tahun terakhir). Juga saat ini saya sedang belajar menservis sendiri saxes saya. Jadi ini saya mau sharing tips buat kamu kamu yang kepengen beli saxophone.
Karena alat musik ini dibanding alat musik lain memang relative lebih mahal jadi sudah pantasnya lah kita ber hati hati dalam memilih jangan sampai investasi yang telah dengan susah payah kita bayar nantinya akan menjadi kerugian, kalau sudah begini pasti kesel, kalau sudah kesel...ga mau main lagi...Mudah2 an pengalaman saya ini bisa dijadikan patokan bagi anda yang mau beli saxophone.
Apabila ada pertanyaan saya bersedia untuk menjawab, tapi tolong apabila ada pertanyaan mohon di liat dulu baik2 apa sudah tercover di posting ini jadi posting ini bisa di jaga se padat mungkin atau apabila kurang jelas bisa email langsung ke saya.
Pertama:
yang paling penting yang harus ditanya adalah: Apa sih motivasi kamu belajar saxophone atau mau maen sax?,....Coba coba?,.... Apa dengerin lagu tapi kok ya enak ya didenger,... orang tua yang suruh, ....sekolah ada ex kul, ....atau apa sih?
Kedua:
yang paling penting, yang saya rasa harus ditanya dalam pribadi kamu masing2 adalah:
Berapa budget yang tersedia? Apa itu dalam bentuk cash atau dalam bentuk cash atau pinjaman berupa kredit card? Apa orang tua yang beliin (ini pun harus tau berapa budget orang tua lo)
Ketiga:
Apa anda tau tipe saxophone apa yang mau anda beli?
Ada 3 macam tipe sax yang umum, yaitu: alto, tenor dan soprano sebenarnya ada lagi yang lain seperti baritone, sopranino, contra bass, bass etc...
Sebelum kita membahas merek2 sax atau mana yang cocok atau buatan negara mana yang paling baik, perlu kita jawab 3 pertanyaan tsb diatas.
Pertanyaan
Apa sih motivasi nya?
Ok, setiap pekerjaan kalau mau berhasil, kita harus enjoy melakukannya...betul? Begitu juga dengan sax, piano, gitar, etc. Dulu saya belajar piano disuruh orang tua dan ga suka sebenarnya tapi harus...lama lama ya bisa juga tapi ga maximal, tapi saya suka alat musik jadi larinya ke saxophone.No matter what your motivation is...ini bukan berarti you should or should not try to learn saxophone. Tapi yang penting adalah apapun motivasinya, hal itu perlu di jadikan pedoman dalam hati setiap kali berlatih. Tapi memang kalau motivasinya adalah dari orang tua...saya pikir anda harus benar2 menyelidiki apa benar anda akan enjoy belajar sax? Kalau memang pada akhirnya anda berpikir kalo its not worth the effort, mending jangan...
Berapa sih budget yang tersedia?
Sax is not cheap guys...mungkin salah satu instrument musik yang mahal harganya...jadi ini perlu dipikirkan matang2 supaya dikemudian hari tidak menyesal, karena kalaupun mau dijual ga segampang membelinya. Harga saxophone berkisar dari US$400-US12000, yup sampai segitu mahalnya!
Apa anda tau tipe sax yang anda mau beli atau pelajari? Pertanyaan ini jawabannya susah terus terang. Dan menimbulkan banyak perdebatan dan pandangan. Kalau menurut hemat saya, belajar tipe yang memang anda rasa cocok dan comfortable buat anda untuk di gendong. Biasanya pemula memilih hal ini berdasar dengan bunyi nya...karena si x nge fans Kenny G lalu dia biasanya mau belajar soprano karena supaya bisa main kaya Kenny G. Ini salah.
Advise saya:
1. Jangan milih saxophone berdasar dengan artis kesayangan anda...dia bisa bersuara begitu karena sudah puluhan taun berlatih. Banyak pemula yang bilang...saya beli soprano dan mouthpiece yang sama dengan artis x tapi kok suara saya beda ya...atau...guru saya waktu pake sax saya kok suaranya bisa beda dan lebih bagus dari saya yang main ya...
2. Jangan milih sax berdasarkan dengan merek (untuk pemula). Advise saya, coba barang yang anda mau beli jangan kemakan rayuan pedagang. Coba dulu, pastikan anda comfortable. Memang sulit untuk pemula karena ga tau musti liat apanya. Saran saya: pergi dengan guru anda atau pergi dengan teman anda yang sudah lebih pengalaman. Kalau ga ada guru dan teman...ini susah memang susah dan disini kita harus bergantung dengan popularitas suatu merek. Biasanya merek yang populer have a good chance that you will like it. Merek2 yang populer adalah Yamaha, Yanagisawa, selmer, keilwerth dan jupiter, mungkin di Indonesia, yamaha, selmer dan jupiter yang paling banyak. Jadi bisa dicoba coba antara merek 1 dan yang lain dan anda nilai sendiri mana yang paling cocok.
3. Jangan memilih professional model meski anda punya dana lebih. Student model sax di design untuk pemula supaya pemula bisa belajar dengan mudah mechanism dan tehnik saxophone. Professional model itu akan jauh lebih mahal dan banyak fitur2 yang anda mungkin sebagai pemula ga ngerti...so dari pada buang2 duit...mending ambil yang student model dulu. Bukan berarti student model itu jelek suaranya dan kualitas nya lho...
4. Jangan beli karena temen said so...saxophone is a very personal musical instrument...jarang orang yang mau sharing sax karena banyak alasan seperti alasan kesehatan dll... Saya tidak mengijinkan orang yang tidak dikenal untuk meniup saxes saya kecuali saya mau jual dan orang itu mau test...Jadi kesimpulannya...saxophone adalah musical intrument yang sangat personal sifatnya...jadi anda yang harus menentukan sax apa yang anda mau beli...coba sebelum beli dan pastikan anda akan menyukainya.
Vintage vs Modern Saxes
Vintage saxes (sax tua atau antik atau kuno)Vintage saxes menurut saya adalah saxes yang dibuat sebelum taun 79 kenapa thn 79 kok ga taun 80, karena thn 80 sax memasuki era modern dengan terciptanya yamaha 61 series dan yanagisawa T880 series di Jepang, di eropa yatiu super action 80 (perhatikan 80 nya) dari selmer...ini menurut saya...mungkin orang lain berbeda pendapat karena memang banyak aspect2 yang dinilai...but anyway we re not gonna be stuck in this vintage definition arent we?Menurut saya, vintage sax berkualitas lebih bagus dari modern sax. Selmer mencoba menciptakan mark 6 modern dengan reference 54 nya dan mencoba menciptakan super balance action dengan reference 36 nya...tapi tetap saja banyak yang berpendapat reference series ARE NOT mark 6. Saya pun berpendapat demikian setelah mencoba. Tetap saja mark 6 lebih unggul di suara.Ada berbagai merek vintage saxes tapi yang paling penting adalah...beberapa dari merek2 tersebut adalah STENCIL an dari pemegang merek utama. Contohnya. CG conn. Ltd adalah perusahaan yang mempunyai produk vintage saxes seperti 10M, 6M, 30M, new wonder 1 dan 2, etc tapi conn juga memproduksi saxophone tanpa merek yang nantinya akan di jual ke perusahaan lain. Dan biasanya perusahaan tsb men stamp sax buatan conn tsb dengan merek nya. Misalnya beaufort adalah conn stencil. Untuk jelasnya mengenai hal ini bisa riset di Internet atau ke http://www.saxpics.com/. Biasanya stencilan ini berkualitas sedikit lebih renda dan karena mereknya bukan conn misalnya, (meski yang buat conn) harganya jadi murah. Tapi jangan salah meski berkualitas lebh rendah, kualitas suara tetap bisa dianggap bagus dan biasanya ini kesempatan bagi consumer untuk memperoleh kualitas professional saxophone dengan harga murah.Salah satu kerugian vintage saxes adalah jaman dahulu, standardisasi produk belom begitu baik juga quality controlnya. Kebanyakan masih hand made jadi meski namanya selmer mark 6 tapi blom tentu sebaik selmer mark 6 yang lain. Ini juga tergantung pemakaian si empunya yang pertama atau yang punya sebelum anda. Kerugian yang lain adalah kebanyakan vintage sax tidak se ergonomic modern sax. Selmer mark 6 adalah salah satu yang paling ergonomis...dan kayanya cuma dia deh yang paling enak di pegang. Kerugian yang terakhir yang saya rasa amat penting untuk dilihat adalah sangat susah untuk membedakan sax yang anda mau beli itu original atau bekas kelindes mobil dan di perbaiki...sax yang sudah ancur ancuran diperbaiki sebaik mungkin tidak akan sama dengan original... banyak hal yang harus di liat...bekas solder, penyok, keaslian lacquer atau finish, keaslian neck...etc...Keuntungan vintage saxes menurut saya adalah kualitas suara yang tidak bisa di produksi lagi di jaman modern ini, kalau anda senang musik jazz, pemain2 jazz kenamaan biasanya memakai vintage sax karena ingin suaranya mirip dengan pemain2 jazz terkenal jaman dulu seperti john coltrane(mark 6), stan getz(mark 6), dexter gordon(Conn 10 M naked lady), herby hancook(king super 20), paul desmond(mark 6) etc. Juga bukan hanya itu karena kualitas suara vintage sax seperti selmer mark 6 tidak ada duanya dan lebih cocok untuk ditelinga. Kenny G pun memakai selmer mark 6 soprano, Dave Koz memakai vintage conn curved soprano dengan vintage couf mouthpiece, eric marienthal memakai mark 6 alto dan juga spyrogyra jay beckenstein memakai mark 6 alto. Keuntungan kedua adalah investasi yang tidak akan turun nilainya mungkin akan naik. Mark 6 taun 90 dijual di US dengan harga paling US2000, sekarang 6 digits serial number mark 6 bisa bernilai US12000 tergantung kualitas.Untuk merek2 nya saya ga mau bahas lebih lanjut, anda bisa ke http://www.saxpics.com/ atau http://www.saxophone.org/ untuk melihat lebih jauh tentang merek2 tersebut.
Modern Saxes kayanya ga banyak yang bisa di bahas karena di era internet ini, modern sax bisa di lihat di website perusahaan masing2. Dan disana sudah ada fitur2 nya. Tapi yang jelas modern saxes bukan berarti kalah dengan vintage dan bukan berarti suaranya tidak bagus...selmer reference 54 meski bukan mark 6 dan selmer berusaha menciptakan lagi kejayaan mark 6, tetep saja ONE HELL GOOD SAXOPHONE...suaranya manis bagus dan enak deh pokoknya. Keuntungan yang utama yang saya rasa adalah dari segi ergonomis dan biasanya lebih ringan dari vintge saxes beratnya. (student model)
Jaman ini sudah banyak beredar sax buatan china dan taiwan yang harganya jauh lebih murah dari buatan eropa atau amerika. Banyak yang sceptic mengenai sax buatan china, saya pun dulu begitu tapi setelah saya tau Jupiter buatan china/taiwan, saya berubah pendapat. Merek antigua misalnya...buatan taiwan tapi kualitasnya bagus sekali dengan harga yang sangat kompetitif. Saran saya untuk pemula yang mau beli modern saxes, saya rekomen merek yamaha, yupiter dan antigua..,saya dengar di Indonesia ada merek lain seperti lincoln etc...saya kurang paham terus terang...jadi ga bisa komen... Yamaha dan Jupiter ini sudah ditanggung bagus dan berkualitas tinggi.Continue...Next: Keunggulan dan kerugian alto tenor dan soprano untuk pemula dan apa sih overhaul itu?
My axes: Tenor conn 10 M, 271xxx silverplateTenor conn CHU transitional 251xxxTenor SML gold medal silverplate 16xxxAlto:Selmer mark 6 lacquer, 195xxx (sold)Soprano:Conn Curved soprano new wonder 2, 219xxxBuescher curved soprano 58xxx

79 komentar:

Saham mengatakan...

harganya mahal juga ya, mungkin karena hal inilah maka pemain saxophone di Indonesia relatif sedikit.

Dimas Anto mengatakan...

IMHO, kualitas suara saxophone tidak ditentukan oleh vintage ataupun moderennya saxophone tersebut, tetapi 90% oleh player, 5% oleh Mouthpiece & Reed, dan baru kemudian 5% sisanya oleh saxophone yang berkondisi prima (klepnya rapat alias tidak bocor dsb). Sungguh, bukan karena saxophonenya! (Saya telah mencoba & menguji lebih dari 1000 saxophone vintage maupun moderen).

Anton Jebe mengatakan...

Mas Andre, ini ada beberapa komentar menyangkut artikel di atas. Dari adanya komentar ini saya hanya ingin menyampaikan supaya lebih hati2 dalam mengangkat sebuah artikel. Tidak bisa asal comot dan pasang begitu saja, namun mesti diteliti dan harus bisa juga dipertanggung jawabkan. Gitu deh…

Komentar2:
Kerugian yang lain adalah kebanyakan vintage sax tidak se ergonomic modern sax. Selmer mark 6 adalah salah satu yang paling ergonomis...dan kayanya cuma dia deh yang paling enak di pegang.
(Apa bener Selmer mark 6 yang paling ergonomic, paling enak dipegang? Bagaimana dengan Selmer type yang lain, seperti Balance Action, Super Action dsb. Apakah mereka kurang enak? Dan apakah Anda pernah nyoba sax vintage merek lain, seperti SML, Buffet, Keilwerth, dll.? )

Salah satu kerugian vintage saxes adalah jaman dahulu, standardisasi produk belom begitu baik juga quality controlnya.
(Apa bener quality controlnya belum begitu baik? Bagaimana dengan Selmer Mark 6 yang Anda bilang paling enak itu? Dia juga produk vintage lho, apakah juga belum standard…)

Kebanyakan masih hand made jadi meski namanya selmer mark 6 tapi blom tentu sebaik selmer mark 6 yang lain.
(Apakah ini maksudnya mau ngomong bahwa tidak semua selmer mark 6 itu baik? Kalau begitu, berapa persen yang baik dan berapa yang tidak baik dari merek selmer mark 6 itu?)

Keuntungan vintage saxes menurut saya adalah kualitas suara yang tidak bisa di produksi lagi di jaman modern ini. (Apa bener begitu? Kualitas suara yang bagus itu yang gimana sih? Dan apa yang membuat suara sax itu berkualitas bagus. Apakah modelnya, apakah materialnya atau apanya dong? )

Keuntungan yang utama (dari sax moderen ) yang saya rasa adalah dari segi ergonomis dan biasanya lebih ringan dari vintage saxes beratnya. (Apa bener demikian? Sudah perah nimbang?)

Jaman ini sudah banyak beredar sax buatan china dan taiwan yang harganya jauh lebih murah dari buatan eropa atau amerika. Banyak yang sceptic mengenai sax buatan china, saya pun dulu begitu tapi setelah saya tau Jupiter buatan china/taiwan, saya berubah pendapat. ( Yang bener Jupiter itu buatan mana, china ataukah Taiwan. Itu dua Negara yang berbeda lho…)


Merek antigua misalnya...buatan taiwan tapi kualitasnya bagus sekali dengan harga yang sangat kompetitif. Saran saya untuk pemula yang mau beli modern saxes, saya rekomen merek yamaha, yupiter dan antigua.., (Apa sih bedanya saxophone yang mahal seperti Yamaha dengan saxophone murah buatan Taiwan seperti merek Antique, atau Maxtone dsb. itu? Apakah karena lebih mahal lalu dia lebih istimewa? Kagak begitu khan…)

Salam, Anton Saxon

nugroho hariadhi mengatakan...

saya pemula dari semarang yg sedang belajar saxophone, datang ke Jakarta beli altosax merk maxtone di mas anton/mbak tina yang murah bergaransi lagi! enak dipakai dan enak suaranya.

s@mmy mengatakan...

waduh comentnya bkin saya binggung...jadi yg mana yg bener2 bener..???
saya baru ingin jadi pemula,yg baru ingin beli saxo...yg enak/pas to saya jadinya yg mana dongs..???

Beta Ismawan mengatakan...

terima kasih banyak oom oom posting article nya. sangat membantu saya yang terinspirasi untuk belajar saxophone setelah melihat penampilan Barry Likumahuwa Project di Java Jazz kemarin :)

Unknown mengatakan...

hmmm...
terimakasih banyak ya karena uda mao post ini...
saya mao tau untuk pemula dan awam milih alto tenor ato sopran ya???

Anonim mengatakan...

saya mau minta SARAN om-om, tante, mas2, dan mbak2.. Saya baru saja beli Saxo Alto merk Cadet III dan MP'nya itu Richo Royal B5. Saya merasa kesulitan menggunakan MP tersebut. Mohon Sarannya untuk memilih MP yang tepat untuk pemula seperti saya.. Thank's

Livi mengatakan...

i baru mau mulai main sax , im 12 and ada saran g untuk jenis sax apa yg bisa di gunakan ?

Unknown mengatakan...

saya ingin pandai bermain saxophone.
dan kalau bisa saya mau mahir mainin saxophone nya.
tapi saya belum punya saxophone nya.
wkwkkwkkwk..

Unknown mengatakan...

saya ingin sekali bisa memainkan saxophone.
dan kalau bisa saya mau mahir di bidang saxophone.. tapi sayang,, saya belom punya saxophone nya..wkkwwkkwk.

M. Efry Muhar mengatakan...

kalou saxophone sekarang banyak buatan china atau thailand bagus ga ya??? bagaimana kualitas suaranya apakah sudah standard sama saja dgn buatan yamaha atau yg lainnya??

M. Efry Muhar mengatakan...

sy penggemar saxophone apalagi klo yang maennya eric marienthal kerennn bangeutt bro

Unknown mengatakan...

Jadi gimana nih? Saya jadi bingung soal sax...bagusny untuk pemula beli yg merk apa tp lebih murah?

B46UST mengatakan...

AHA... Bu Tina dan maestro saya Mas Anton Ada disini ! Saya belajar dr beliau 4 th yg lalu setelah saya nekad beli Sax di China meskipun belum bisa sama sekali. Saat ini saya memiliki 4 Sax dan kesimpulannya... Mau Shelmer atau buatan China, kalau Sax nya ga bocor... yg penting BIBIRNYA..
Sax sama..yg niup Mas Anton dan saya .. Kwalitasnya bisa beda loh..
Jadi upgrade dulu BIBIRNYA sebelum pilih pilih merk atau Vintage atau Modern.
Di Shanghai ada sebuah jalan yg berjualan puluhan merk Sax..bahkan Sax terbaik yg secara resmi disumbangkan dan dimainkan ex president USA Bill Clinton.

Prazt Nitezrider mengatakan...

Saya setuju kalau kualitas permainan sax ditentukan oleh siapa yang memainkannya. awalnya saya pemain drum, lama2 bosan trus saya bermain sax digital Yamaha WX5, jadi saya gak masuk kriteria vintage maupun modern, tapi neo modern kali ya...?
Saat saya mainkan, saya rekam, maka kualitas ditentukan dari apakah kita menguasai lagunya, menguasai teknik memainkan lagu, baru teknik memainkan alat.
Jadi apapun merknya, mau vintage, modern, maupun digital, kalau yg mainkan gak pinter ya hasilnya gak akan bagus.
Belum tentu lagu jazz pasti lbh bagus drpd dangdut, sekali lagi tergantung siapa yang memainkannya. terima kasih.

Problem loading page mengatakan...

Terimakasih informasinya, suatu saat kalo udah punya penghasilan sendiri harus beli dan harus bisa main. Jangan keburu tua dulu ya mas mas nya, hehee :)

aditmen mengatakan...

Artikel yg menarik mas. Kebetulan akhir2 ini saya tertarik utk belajar sax, kira2 dimana ya tempat rekomendasi utk belajar buat pemula? Ikutan kursus kah atau ikuy komunitas kah?

sebloh mengatakan...

Saya ini minat sekali belajar saxophone, tapi gigi depan atas sya habis/ ompong, apakah ada harapan untuk main saxophone ya ?

Achmad Puariesthaufani Nugroho mengatakan...

Pak kira-kira saxophone buat pemula bagusnya apa ya? soprano atau alto?

Unknown mengatakan...

Harga saxophone itu brp sih? Saya ga ngerti dolar2 lah!! Kalo rupiah saya ngerti

Unknown mengatakan...

Mas, bener gak sax itu semakin 'old' makin bagus suaranya??

Unknown mengatakan...

Saya ada saxofon dan mau saya jual 2juta dan kalau ada yang minat telpn aja ya
no hp:085750853739

teruteruboshu mengatakan...

oom, jadi lebih bagus beli saxophone yang seperti apa dan bagaimana kiat-kiat dalam memilihnya?

lalu di Indonesia ada gak sih komunitas khusus yang isinya pemain saksofon dan yang ngajarin "gratis"?

The "MASTER" mengatakan...

Gan,ane jatuh cinta ama saxophone & mo blajar,minta saran dong sax yg bagus/cocok utk pemula & harganya terjangkau(klo bsa dibawah jutaan),thx

Unknown mengatakan...

gan kami mau jual saxophone alto merk antonio kalau mau nego lewat line yah saya domisili di tasikmalaya jln.cihideunggede gg. ciputra nmr.6a rt/rw 004/004
ID line : sendyseesha

makasih

Unknown mengatakan...

Om saya punya saxophone alto merk HOLTON buatan USA di buat tahun 1904 . Jika minat hub saya 085624057998 .
Atau ke alamat rumah saya kp lembang 04/01 ds kiangroke kec Banjaran Kab Bandung

Unknown mengatakan...

Curhat bro ?? Hahahahahaaa

Anonim mengatakan...

Saya jual VINTAGE American Selmer / tenor sax / Mark-6 W / E GL / 64xxx / vst166. Klu ada yg minat?

Mayda mengatakan...

Berminat banget untuk belajar,
Sepertinya bakal nekat beli... (>_<)

Prazt Nitezrider mengatakan...

Setelah sekian tahun berkenalan dengan saxophone, akhirnya saya mengkoleksi lebih dari 20 unit sax vintage dan baru.... evaluasi saya ternyata sax baru belum tentu menghasilkan tone yang nyaman didengar. entah ini krn sugesti atau krn kualitas bahan dari sax vintage, dari suara yg saya rekam ternyata ada getaran2 body sax yg memberikan warna lebih dibanding sax baru.
sekedar catatan saja, untuk sax merk Yamaha yang baru cenderung kurang enak dinikmati, bahkan sedikit beda kualitasnya untuk tipe student, intermediate dan pro. Uji coba saya untuk Yamaha YAS62 vintage vs YAS62 mk III ternyata lebih renyah yg vintage.
saya tidak tau apakah hipotesa bro Andre bisa dipercaya dan analisis maestro sax kita mas Anton dengan 1000 sax vintagenya bisa dibantah......
I love Vintage Sax

Faiz Akbar mengatakan...

Ada gak kemungkinan bisa belajar saxophone secara otodidak?

Wahyu mengatakan...

Berapa?

kayatanpakeringat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Saya mau bertanya, kan saya pengen belajar saxophone nih, dan pengen beli alto saxophone dgn budget 5-6 juta, rekomendasinya apa ya? dan hal-hal apa aja yang harus dipertimbangkan untuk memilih sax yang bagus, tks

Unknown mengatakan...

Makasih infonya om... Saya pikir2 dlu lah mau beli saxsophone

Unknown mengatakan...

Saya mau nyari sax tenor nih.... Kasih info ya gan....

Unknown mengatakan...

USD 400$-USD 12000$ itu dari 4jt-120jt mas..mahal kann??

Unknown mengatakan...

Ada banget brooo..semua tergantung niat..!!

Unknown mengatakan...

Kalau buat pemula dianjurkannya memakai sax yg mana?tenor alto sopran.kalau ada yg mau jual saxo call me...081325608830

fadliansyah mengatakan...

Kalo ada yg jual alto saxophone.. budget 2 jutaan.. gak bocor.. sms 089630416601

Unknown mengatakan...

permisi gan saya mau jual selmer as32 alto mungkin klau ada yang minat bisa hbngin pin bb ane :594A56BD

david mengatakan...

Om sya pingin tau banyak nih, klo untuk saxophon yg asli made in london...
Merk apa aja ?
Tipe berapa ?

Unknown mengatakan...

Prelude conn selmer. Baguskah?

Unknown mengatakan...

Mau tanya kalau untuk baby sax .. Bagusnya merk apa ya.. Saya tertarik dengan sax soprano..

Unknown mengatakan...

Mau tanya kalau untuk baby sax .. Bagusnya merk apa ya.. Saya tertarik dengan sax soprano..

Unknown mengatakan...

Haloo saya ruel,saya mau tanya saya bener-benar pemula dan saya baru mau mencoba saxo tetapi belum membelinya karena saya masih bingung dan belum mempunyai pengalaman...apakah saya cocok pakai saxo alto untuk pemula?

Unknown mengatakan...

Ada kontaknya ga gan?

Unknown mengatakan...

Ada kontaknya ga gan?

Unknown mengatakan...

Saya baru mau belajar saxo, mohon saran dan dmn kalo mau beli saxo nya ya

Unknown mengatakan...

kalau pemula bagusnya pake jenis apa?

why om ?! mengatakan...

Halo..sya ocha..pen belajar saxo murni muncul dari hati n bnar2 panggilan hati,tanpa pengalaman dan tanpa idola..trus sebagai ajang untuk melatih pernafasan jg..sy bnr2 pemula g tau banget2 ttg saxo..g ada guru jg..sy minta saran sy kudu beli saxo yg gimna..??

nathan mengatakan...

Saya Para..pgn belajar saxo untuk pelayanan di gereja.saya bnr2 pgn belajar untuk melayani. barangkali guru2 ada yg mau menyumbangkan ato buat guru2 yang mau jual saxo dgn budget 2jtan hubungi 085975056454, Trima kasih.

Unknown mengatakan...

Dear Teman- teman, Putra saya baru belajar main saxophone dan dianjurkan membeli Eastman Student Alto Saxophone. Apakah ada yang bisa memberi tahu saya dimana saya dapat membeli saxophone ini? terimakasih.

Unknown mengatakan...

Kalau merek armstrong atau antonio gimana Mas ?

Unknown mengatakan...

Om/mba senior semuanya.
Mouthepiche apa yang cocok buat Hermes Alto saya yahhh...
High note nya bikin kesal terus.
Maklum tunggu ada dana bru bli yg profesional class,sama tunggu ilmunya ada dulu,hehehe....

Unknown mengatakan...

Beli yg student model.
Merk taiwan ato cina tp mouthapichenya beli yg variasi,trus pilih maunya suara yg gimana jazz,bright,dll.

Unknown mengatakan...

mas belakangan ini saya tiba tiba itu suka sekali dengan saxso, suara nya itu loh, saya suka musik suara klasik gtu, sama romantis, dan rok and rol, saya belum punya saxso,di hati saya ingin sekali belajar alat ini, saya mau beli saxso untuk pemula, kira kira merk apa? saxso alto tenor or apa? budget berapa ? untuk pemula. mohon pencerahan ..

Unknown mengatakan...

mas saya pemula saya gatau apa apa tentang saxso, di hati sya itu muncul ketertarikan yang sangat tinggi untuk belajar saxso, saya suka suara musik klasik, romantis, happy, rock and rol, saya ingin membeli, saxso kira kira, merk apa? alto tenor kah or apa? budget berapa? untuk pemula mhon bls hehe

Mario mengatakan...

Mau nanya nih, saxo ostrava buat pemula cocok ga ya? Saya baru mau beli, takutnya entar nyesel

Saxophone Specialist mengatakan...

http://saxophonespecialist.blogspot.co.id

Unknown mengatakan...

teman - teman yang ada disini, barang kali ada yang mau menampilkan seni musik saxophone saya ada panggung di semarang yang mukin bisa dipakai untuk tempat belajar mental dan mempromosikan diri. apabila berminat hub. 085725677150 tampilkan yg terbaik barang kali itu menjadi salah satu penghasilan km.

Billy Chan mengatakan...

Saya boleh untuk menampilkan permainan saya ? @Danang Juniato

Billy Chan mengatakan...

Soalnya saya jga bru pemula pengen ngejob jga biar pnya budget beli alto sax, selama ini saya minjem temen trus tpi pke mouthpiece saya...@Danang Juniarto

Sri Kuncoro mengatakan...

Pengin belajar...
Kapan-kapoan pada mampir ke Tegal...
Bimbing kami...

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Karrel Gunadi mengatakan...

Kalau saran saya beli yg vintage tp student class spti selmer bundy 1 atau 2... harga jg ga mahal" amat kok, dan itu bagus... trims...

Karrel Gunadi mengatakan...

Kalau saran saya beli yg vintage tp student class spti selmer bundy 1 atau 2... harga jg ga mahal" amat kok, dan itu bagus... trims...

Widya Okta mengatakan...

Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh

InshyaAllah, Kantor Pinjaman Iskandar Lestari memberikan semua yang telah kehilangan harapan finansial untuk mendapatkan kembali status keuangan mereka melalui pinjaman segala jenis. Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email kami: ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) karena Anda akan menikmati Persentase Bunga Persentase Tahunan terendah, di bawah bimbingan tim staf yang ramah siapa yang peduli dengan Anda dan keluarga Anda, karena Anda pasti mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli dalam waktu kurang dari 73 jam berapa anda membutuhkan dana untuk proyek anda? bisnis expasion pembayaran hutang? Tambahan modal untuk hal-hal yang tidak disebutkan di sini dengan ISKANDAR LOAN FIRM Anda bisa mengatakan Alhamdulillah(الحمد لله), karena kami adil, jujur, dapat dipercaya, sopan, dan tentu saja murah hati dalam pelayanan kami jika Anda ingin menghubungi ibu secara langsung, Anda dapat melakukannya melalui BBM INVITE: {D8980E0B} Assalamu'alaikum wr wb, Allahu Akbar ....... Allahu Akbar ........ Allahu Akbar

Unknown mengatakan...

berkomentar atau mau apa gan ?

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah, yaitu 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

BillioKarado mengatakan...

Selmer Bundy 2 gimana buat pemula?

Appresiasikan Kebaikan Semata mengatakan...

Sd. Berapa gan yg anda beli di tina saxophone jkt....

Appresiasikan Kebaikan Semata mengatakan...

Kalo punya yg seken, saxophone jeff france, sd. Berpa harganya (mohon bantuan infonya) trms sblumnya

Unknown mengatakan...

Saya Devina dari malaysia di bandar malacca, saya menumpukan masa saya di sini kerana janji yang saya buat kepada Puan Elizabeth yang menjadi pemberi pinjaman dalam talian firma pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat jawatan saya pada hari ini .

 Beberapa bulan yang lalu saya melihat komen yang disiarkan oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah ditipu meminta pinjaman dalam talian dari Dr James Mowat, menurutnya sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Puan Elizabeth dan Puan Elizabeth meminjamkan Rm35,000, 0Rupiah tanpa tekanan dan kelewatan, sila hubungi Dr James Mowat melalui e-mel: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk mengelakkan menjadi mangsa penipuan.

Saya membuat keputusan untuk menghubungi Arnah untuk mengesahkan sama ada ia benar dan untuk membimbing saya bagaimana untuk mendapatkan pinjaman daripada Puan Elizabeth, dia memberitahu saya untuk menghubungi Puan Elizabeth saya menegaskan bahawa dia harus memberitahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu adalah sangat mudah bagaimana untuk memohon pinjaman dari Puan Elizabeth yang saya perlu lakukan adalah menghubungi beliau, mengisi borang permohonan menghantarnya semula, menghantar salinan kad pengenalan saya yang diimbas, kemudian mendaftar dengan syarikat yang selepas itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . maka saya bertanya kepadanya bahawa bagaimana anda mendapat pinjaman anda? dia menjawab mengatakan bahawa itu semua dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Puan Elizabeth dan saya mengikuti arahan dengan berhati-hati kerana saya memenuhi keperluan mereka dan pinjaman saya telah diluluskan dengan jayanya tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akaun saya saya diminta untuk berjanji untuk berkongsi berita baik tentang Puan Elizabeth dan itu mengapa anda melihat jawatan ini hari ini. kepada kejutan saya yang paling besar saya menerima berjaga-jaga sebanyak Rm25,000 Rupiah.So saya nasihat setiap orang yang mencari sumber yang boleh dipercayai untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman selamat anda juga boleh menghubungi saya E-mel saya: devinairf128@gmail.com atau anda juga boleh menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu perubahan yang baik patut mendapat perhatian yang lain.

aditya.aulia139@gmail.com mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb.

WhatsApp Only::::{+33753893351}
Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Unknown mengatakan...

Saya ingin membeli saxophone.Tpi dilema antara beli Saxo yg bekas atau pesan online.
Harga TDK jauh beda.. gimna ya ini?